Lahirnya Sang Pemenang. By: Muhammad Wali


Setiap orang dilahirkan untuk menang. Tak seorang pun yang dilahirkan untuk kalah. Namun kenyataannya kenapa banyak diantara kita yang merasa kalah? Satu hal yang harus kita ingat bahwa, perbedaan antara pemenang dan pecundang itu adalah kesediaan untuk belajar, berubah dan tumbuh.

Ada dua isu yang telah memenuhi pemikiran dan penyuluti perdebatan yang intens dikalangan intelektual, profesional, dan orang awam selama berabad-abad. Selain itu, kedua isu ini kerap diangkat dan menyulut perdebatan sengit di kebanyakan seminar dan lokakarya yang dihadiri oleh para eksekutif perusahaan dan para guru. Pertanyaan pertama menyinggung kontrovesi, apakah kecerdasan manusia itu bersifat bawaan atau dikembangkan?, dan isu kedua menyinggung penyebab ataupun faktor yang memperngaruhi kesuksesan. Dalam seminar ataupun lokakarya apapun dengan tema keterampilan berikir, pengembangan diri, hubungan antar pribadi manusia, kepemimpinan, model manajemen, sampai kepada strategi bisnis, kedua isu itulah yang cenderung menarik perhatian dan menyedot energi peserta.

Tentang kecerdasan, ada satu kelompok yang percaya bahwa kecerdasan itu (seperti dalam bidang matematika, musik dll) pada umumnya adalah produk ala, dan oleh karena itu tidak ada yang dapat kita lakukan untuk mengubah intensitas ataupun besarannya. Omong kosong sahut kelompk yang lain. Karena mereka sangat percaya bahwa kecerdasan itu dapat dilatih dan diajarkan secara kreatif. Jadi? mari kita teruskan pembelajaran kita.

0 Komentar:

Posting Komentar

Update Informasi anda ...

Last Agenda Of Aspura ...

Buku tamu aspura... Isi Ya?



Yuk Jadi Sahabat Aspura ...

Informasi Lowongan Pekerjaan

Informasi Beasiswa Terbaru ...